BAKTI SOSIAL NU TANGGUL


Jember, Jawa Timur. Alhamdulillah pelaksanaan bakti sosial berupa kegiatan khitanan massal berjalan cukup lancar, acara yang dimulai sejak pagi hari (05.30 WIB) dan berakhir siang hari (12.30 WIB) yang diselenggarakan pada hari Isnain, 12 Rabiul Awwal 1438 / 12 Desember 2016, hadir dalam kesempatan ini: pejabat dari kantor kecamatan Tanggul, H. Arum (A’wan PCNU), pejabat KORAMIL Tanggul, dan POLSEK Tanggul, hadir pula Kepala UPT Sumberbaru, bapak Tatang Prijanggono, S.Pd., M.Pd (Kabid. Pendidikan SMP/SMK/SMA pada Dinas Pendidikan Kabupaten Jember), segenap petinggi Majelis Wakil Cabang NU Tanggul beserta pimpinan Badan Otonom NU Kec. Tanggul. Dalam acara tersebut, H. Arum (Pengusaha Tebu yang juga Jajaran Petinggi NU Cabang Jember) meminta pengurus NU mengukur luas halaman kantor MWC NU Tanggul untuk di paveng, kontan lontaran tokoh ini mendapat apresiasi dari jajaran NU dan Banomnya. Sementara dalam proses registrasi ada sedikit insiden, adanya wali khitan yang nyerobot minta anaknya dikhitan duluan, namun pihak panitia dibantu banser cepat mengatasinya, perlu diketahui sistem antrian tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun yang lalu, kalau tahun lalu nomor peserta berdasarkan urutan pendaftaran sama dengan sistem ziaroh wali, siapa yang daftar lebih dulu akan mendapatkan kursi bagian depan. Namun kegiatan khitan tahun ini, berdasarkan kehadiran anak khitan, siapa yang hadir lebih dulu di tempat start pawai (di Ponpes Fatihul Ulum Manggisan). Memperhatikan sistem ini baru diterapkan dan kurangnya kesiapan petugas maka terjadilah insiden kecil seperti diatas, namun alhamdulillah secara makro, berjalan dengan lancar sampai selesai. “saya berharap kegiatan ini diteruskan” ujar salah satu wali peserta khitan disela-sela acara, dalam catatan kesekretariatan ada banyak catatan yang tidak boleh tidak akan disampaikan dalam forum pembubaran panitia, catatan tersebut meliputi : perencanaan dan proses. Sesuai instruksi Ketua Panitia, H.A. Fauzi, S.Sos., M.Si (Ketua Ta’mir Masjid Besar Darul Muttaqin Tanggul, yang juga Ketua LTM PCNU Jember. Red), ada 3 hal pokok yang disampaikan dalam rapat pembentukan panitia (28 Shaffar 1438 H / 28 November 2016 M) : 1) Diutamakan anak yatim piatu dan fakir miskin / tidak mampu. 2) Tidak diperkenankan kalangan keluarga pengurus NU, kecuali ada hal lain dan perlu dikoordinasikan dengan panitia, dan. 3) Tidak boleh ada atribut parpol di arena acara (jika ada, panitia akan menertibkan). Terima kasih atas bantuan tenaga, waktu, pemikiran dan materi kepada segenap panitia, pengurus NU, Banom, anggota NU dan masyarakat pada umumnya. Demikian kata Ketua Panitia yang diamini Ketua MWC NU Tanggul, Drs. H. Sanuri, M.Si.
Berikut daftar hadir pengurus NU dan Badan Otonom NU Kec. Tanggul
NO
NAMA
ALAMAT
KETERANGAN
1.
H. Sanuri
Manggisan
Ketua MWC
2.
H. A.Fauzi
Tekoan
Ketua Panitia / Wakil Ketua MWC
3.
Dedi Ependi
Curahbamban
Wakil Ketua Panitia / Ketua PERGUNU
4.
Abdul Hayyi
Manggisan
Sekretaris Panitia & MWC
5.
H. Ashari
Kauman
Bendahara Panitia, Ketua NU TK. I
6.
Ust. Syamsul Arifin
Tekoan
Rais NU Tanggul Kulon III
7.
M. Holil Efendi
Karanglo
Anggota Panitia
8.
M. Holil / P. Ulum
Pucu’an
Anggota Panitia / Ketua NU TK. II
9.
Syaifudin Zuhri
Darungan
Anggota Panitia
10.
H. Abd. Wahid
Manggisan
Anggota Panitia
11.
H. Tiyo
Tekoan
Anggota Panitia
12.
KH. Aunul Karim
Krajan TW
Syuriyah MWC
13.
H. Mursyid
Kauman
Rais NU Tanggul Kulon I
14.
Kun Foya
Kramat
Anggota Panitia
15.
P. Muhammad Syamsudin
Manggisan
Rais Ranting Manggisan II
16.
Ust. Mudhar
Patemon
Ketua NU Patemon
17.
P. Rohim
Curahbamban
Pengurus Ranting TW. II
18.
H. Imam Syafii
Gembonngan
Wakil Sekretaris MWC
19.
Muhammad Naim
Curahbamban
Pimpinan Pergunu Tanggul
20.
Ust. Ridwan
Tekoan
Ketua NU Tanggul Kulon III
21.
Ust. Hanafi
Kramat
Pengurus Ranting NU
22.
Ust. Abu Hasan
Darungan
Pengurus Ranting NU
23.
P. Marsono
Selodakon
Anggota Panitia/Pengurus Ranting NU
24.
H. M. Hozin
Kauman
Katib MWC
25.
Sabar
Kramat
Pergunu
26.
Achmad Fadil
Curahbamban
Anggota Panitia / IPNU Tanggul Wetan
27.
Ust. Juri
Klatakan
Ketua NU Klatakan
28.
P. Mulyono
Karanglo
Wakil Ketua MWC
29.
P. Sudin
Toles
Pergunu
30.
H. Nawawi
Patemon
Wakil Ketua MWC
31.
Ust. Munir
TW I
A’wan MWC / Ketua NU Tanggul Wetan I
32.
Ust. Makki
Gembong
Wakil Ketua MWC / Syuriyah Tgl Kulon I
33.
Fadholi Hasan
Kauman
Pengurus NU Tanggul Kulon I
34.
IPNU-IPPNU

Komisariat MANU Tanggul (+- 25 aktivis)
Dilihat dari daftar hadir yang terdeteksi diatas, terbukti bahwa pengurus dan Pimpinan NU dan Banom nya ikut andil dalam mensukseskan acara tahunan tersebut.

Demikian, informasi kegiatan jam’iyyah. Kami membuka aspirasi atas pelaksanaan khitanan tahun ini, sebagai bahan dalam rapat pembubaran panitia dengan waktu dan tempat menyusul.