MENJAGA TRADISI AMALIAH NU MELALUI MASJID



REMBANG – NU adalah tradisi amaliah keagamaan. NU juga sebagai organisasi keagamaan. Sebagai tradisi keagamaan, maka ia berkembang di kalangan umat Islam di manapun berada termasuk di Malaysia.
Namun NU sebagai organisasi, menurut Rois Syuriah PBNU, KH Masdar Masudi, ia memiliki tujuan, sasaran, pemimpin dan sejarah. Organisasi itulah yang bertugas menjaga tradisi amaliah keagamaan itu agar tetap lestari. Pentingnya pemahaman antara NU sebagai tradisi dan NU sebagai organisasi itu yang perlu digalakkan di lingkungan warga nahdliyin sendiri. “Kegiatan ini salah satu wujud dari penguatan struktur kepengurusan organisasi NU di tingkat pusat hingga daerah yang dilakukan LTMNU,” kata Masdar, di acara Rapimda Para Imam dan Takmir Masjid di Kabupaten Rembang, Sabtu (12/1).
Kesadaran atas pemahaman tersebut menentukan eksistensi NU di dalam interaksinya dengan Negara dan di lingkungan warga nahdliyin sendiri. Dengan adanya organisasi imbuhnya, NU bisa menjadi kekuatan sosial politik yang menentukan kelangsungan bangsa. 


SUMBER : http://masjidnu.com