MWC NU TANGGUL GELAR SANTUNAN

JEMBER JAWA TIMUR, Majelis Wakil Cabang NU Tanggul diakhir masa khidmatnya (2012-2017) kembali melaksanakan agenda Istighosah dan Santunan 36 Anak Yatim yang kali ini di fokuskan anak yatim dari 12 Ranting NU wilayah kerja MWC NU Kec. Tanggul (hanya 8 Ranting yang mengirim anak yg disantuni). Jajaran MWC turut serta, PERGUNU, IPNU-IPPNU, Muslimat NU, Fatayat NU, GP. Ansor, beserta seluruh Pengurus Ranting MWC NU Tanggul. Sementara dalam sambutan MWC NU Tanggul, Drs. H. Sanuri, M.Si. “Santunan akan akan dilanjut pada tahun-tahun yang akan datang.....dan tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu, (selanjutnya) Alhamdulillah pada tahun ini MWC NU Tanggul khususnya PERGUNU sudah meluluskan (mengantarkan dan merekomendasikan. Red) pascasarjana sebanyak 7 orang, diharapkan 7 orang ini nanti mengabdi ke NU (termasuk di Banom / Lembaga NU Tanggul) dengan sepenuh hati, harus ada komitmen dan konsekuensi dengan gelar “Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I)” yang disandangnya”. Demikian kutipan sambutan Ketua. Sekedar di ketahui ke tujuh orang tersebut sebagaimana dalam lampiran dibawah. Lain dari itu, dalam catatan kesekretariatan MWC NU Tanggul, pengurus NU yang tersebar 12 Ranting baik yang menduduki Ranting NU, Banom NU, dan Lembaga NU dikelompokkan menjadi 3 klasifikasi.
1.    Di Ranting, Pengurus NU yang menyelenggarakan santunan anak yatim (yang terdeteksi) di masing-masing wilayah kepengurusannya, antara lain : Ranting Selodakon, Darungan, dan Kramat.
2.    Di Masjid, sesuai arahan PBNU, Setidaknya ada 6 langkah bagi seorang muharrik masjid untuk menghidupkan masjid, di antaranya pasang niat/cita-cita untuk mengurus masjid, punya pengetahuan tentang masjid, membuat program untuk memakmurkan masjid, menyelaraskan program tersebut dengan pengurus dan jama'ah masjid, melaksanakan dengan ikhlas dan yakin. Demikian yang diungkapkan Ketua Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU), Eman Sulaeman, saat mengisi Pelatihan Muharrik Masjid bertempat di Hotel  Karya Nunggal, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, Sabtu (14/5/2016) siang. Maka karena itu, pantauan kami sebagian pengurus NU yang ada di Wilker MWC NU Tanggul mengadakan santunan anak yatim sendiri di masing-masing masjid setempat, antara lain : Masjid Besar Darul Muttaqien Tanggul, Masjid Darussalam desa Darungan, dan masjid-masjid lainnya.
3.    Di rumah atau kelompok-kelompok, pengurus NU masih ada dan ini menjadi tradisi secara turun temurun, bahwa santunan anak yatim dilaksanakan di rumah, kelompok-kelompok lembaga yatim piatu atau kelompok lainnya, seperti Yayasan Yatim Piatu Dan Fakir Miskin "An-Najah" Tanggul Kulon, padepokan sholawat/padepokan-padepokan lainnya, kelompok sholawatan, kelompok pengajian rutin mingguan, Yayasan, kelompok RKM (Rukun Kematian), dan kelompok-kelompok lainnya.
Berdasarkan paparan diatas, ini membuktikan jika di Kecamatan Tanggul, kegiatan santunan anak yatim hidup dan aktif. Selebihnya tinggal merawat dan mengasuh mereka dalam mempersiapkan manusia yang bermanfaat bagi agama dan negara. Amin Ya Robbal Alamin.

Ø  Data yang kami sebut diatas, sebagian besar penyelenggaranya adalah Pengurus / Anggota NU.


KADER PERGUNU TANGGUL
ALUMNI PASCASARJANA IAI AL KHOZINY SIDOARJO JAWA TIMUR
Tahun Akademik 2014 – 2016

No
Nama
Alamat
Pendidikan terakhir (S.1)
Tempat mengajar / Pekerjaan
Jabatan di NU / Lembaga NU / Banom NU
1.
H. Sutiyo, S.Pd
Tekoan Tanggul Kulon
Univ. Islam Jember
Kepala MANU Tanggul

2.
Nidi Wiranata, S.Pd.I
Krajan Manggisan
STAIFAS Kencong
Guru MTs + Kepala MA Nurul Huda Semboro
Wakil Sekretaris MWC NU Tanggul
3.
Suparno, S.Pd.I
Curahbamban TW
Univ. Islam Jember
MI Darussalam Pringgowirawan Sumberbaru
Sekretaris NU Tanggul Wetan
4.
Tohir, S.Pd.I
Curahbamban TW
STAIQOD Jember
Kepala MA Miftahul Ulum Manggisan Tanggul
LP. Maarif NU Tanggul
5.
Kun Sholehuddin, S.Pd.I
Kramat Sukoharjo
STAIQOD Jember
Ketua Yayasan SMP Nurul Islam Kramat S
Ketua Ranting NU Kramat
6.
Jauhari, S.Pd
Krajan Manggisan
IKIP PGRI Jember
MA Fatihul Ulum Al Mahfud Manggisan
Sekretaris Ranting NU Manggisan II
7.
Mohamad Naim, S.Pd.I
Kramat Sukoharjo
STAIQOD Jember
MTs Darul Hikmah Al Hasan Tanggul, Kepala SMP Nurul Islam Kramat Sukoharjo
Wakil Katib Ranting NU Kramat